Analisis Iklan Online

Iklan merupakan komunikasi persuasif dalam kegiatan pemasaran, dengan tujuan untuk membujuk khalayak (calon konsumen), guna untuk megenalkan, memberitahu hingga menggunakan atau mengkkonsumsi barang atau jasa yang ditawarkan oleh suatu perusahaan atau instansi. selain itu juga iklan digunakan sebegai suatu bentuk pencitraan meneganai perusahaan tersebut melalaui barang atau jasanya.

Iklan Online sekarang menjadi pusat perhatian bagi para investor atau pemasang iklan, karena dengan menggunakan iklan online tidak perlu mengeluarkan biaya yang besar tetapi mendapatkan hasil yang maksimal, karena internet mencakup seluruh dunia. Online advertising atau iklan online adalah metode periklanan dengan menggunakan internet dan World Wide Web dengan tujuan menyampaikan pesan pemasaran (promosi) untuk menarik pelanggan. iklan online memiliki beberapa jenis ragamnya seperti dibawah ini : 

1. Direct Advertising; di mana pemasang iklan dan pemilik media berhubungan langsung dan menandatangani kontrak untuk                   menampilkan iklan atau inisiatif promosi lainnya. keunggulan direct advertising adalah kita bebas memasang iklan sesuai dengan       yang kita inginkan, akan tetapi kekurangannya perlu mengeluarkan biaya yang cukup besar.

    direct

2. Self-service Advertising: Pendekatan iklan baru di mana materi iklan, penempatan iklan, tampilan serta teks dikerjakan sendiri oleh     pemasang iklan melalui metode proses yang dilakukan sendiri di Online. Contoh: Blogads dan Google AdWor

    self services

3. Ad Networks: Sebuah jaringan (network) iklan yang menghubungkan dan memediasi antara  pemasang iklan dengan pemilik situs     web.  Jaringan iklan seperti ini biasanya menargetkan kampanye-kampanye yang tidak mempunyai target audience khusus, tetapi       mengincar sebesar mungkin orang yang melihat iklan dengan biaya sekecil mungkin. Contoh: ValueClickMedia dan Tribal Fuion

     adnetworks

4. Contextual Advertising: Iklan yang ditargetkan pada content. Iklan tidak ditampilkan secara random, tetapi telah dipilih oleh             sistem secara otomatis sesuai dengan content yang relevan dengan iklan tersebut. Contoh: Google AdSense dan Yahoo                     Publisher Network.

    contextual

5. Twitter Advertising:  Iklan yang berfungsi sebagai tweet dari pemasang iklan, yaitu iklan berbasis keyword yang pendek, yang         didistribusikan kepada user yang membaca content yang sesuai dengan keyword yang dipilih. Contoh: Magpie dan Twittad.

    Untitled

6. In-Text Advertising: Sistem in-text advertising secara otomatis menghubungkan kata-kata tertentu di dalam website dengan content    iklan yang berhubungan.  Contoh: Kontera dan Vibrant in-Text Ad.

     inline

7. Ad Network Optimization:  Jasa optimasi iklan ini mengevaluasi dan memilih iklan yang membayar terbanyak untuk ditampilkan            dalam halaman web dengan mengevaluasi semua pilihan serta ukuran iklan yang paling baik, dan karakteristik visualnya. Contoh:      PubMatic dan YieldBuild.

     ano

 Rep Ad Agencies: agen periklanan yang mewakili blog-blog serta situs web tertentu dan memediasi penjualan mereka untuk              kampanye-kampanye besar yang dilakukan brand-brand besar ataupun agensi iklan besar. Contoh: Federated Media dan                  TribalFusion.

      repad

9. Social Advertising: Iklan untuk social media. Tidak seperti iklan tradisional, format iklan ini memanfaatkan dinamika pengaruh           sosial seperti pengaruh peer group, word of mouth, viral marketing dan rekomendasi langsung dari teman ke teman. Contoh:               VideoEgg dan Meebo

sosialmedia\

10.. Video Advertising: Bentuk iklan yang ditargetkan pada content video. Berbagai format tersedia, termasuk iklan dinamis yang             bisa tampil sebelum, setelah, ataupun selama tayangnya content video tertentu. Contoh: Voxant dan AdSense for Video

     video

11. RSS Advertising: Iklan ini ditampilkan di dalam RSS Feed, yang bisa disesuaikan dengan konteks content RSS feed tersebut atau secara manual ditargetkan pada kebutuhan promosi tertentu. Contoh: Pheedo dan Feedvertising.

     rss

12 Sponsorship: adalah bentuk bantuan dana atau bisa juga dalam bentuk produk/layanan sebagai ganti promosi terhadap suatu brand.  Sponsorship online adalah strategi alternatif yang banyak digunakan dan dianggap lebih efektif daripada pemasangan iklan online berbentuk banner.

    rss

Iklan online merupakan salah satu cara yang bisa dilakukan fdalam mempromosikan produk, karena juga diketahui sekarang ini hampir setiap orang mengetahui cara menggunakan media. Sehingga banyak perusahaan atau lembaga yang mengiklankannya di online agar nilai penjualan mereka semakin tinggi.

Selain itu kita sebagai humas perusahaan nantinya tidak menemukan kesulitan dalam menginklankan di online, karena akses yang mudah dan harga yang tdak terlalu tinggi berbeda dengan jika kita ingin mengiklankan di media lainnya yang memerlukan badget yang lebih besar, sehingga bisa didapatkan hasil yang optimal 

 

sumber: VIRTUAL » Internet Business, Strategy & Marketing Indonesia » Bentuk-bentuk Iklan Online.htm

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s